Manajemen Pelayanan Prima dalam Menguatkan Jamaah Haji dan Umrah Biro Khusus Qoshwa Tours and Travel Cirebon

Authors

  • Firman Agung Amami IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Daimah Daimah iIAI Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i3.1234

Keywords:

Manajemen Pelayanan prima, Jamaah Haji, Umrah, Qoshwa Tours and Travel Cirebon

Abstract

Latar belakang: Manajemen pelayanan prima dapat menguatkan jamaah haji dan umrah biro khusus qoshwa tours and travel cirebon. Kajian ini dilatar belakangi penyelenggaraan ibadah  haji dan umrah yang dinilai kurang efektif dan efisien, yang mana hal ini turut mempengaruhi pemberian pelayanan jamaah haji dan umrah secara maksimal.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan prima dapat menguatkan jamaah haji dan umrah biro khusus qoshwa tours and travel cirebon.

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berupa data primer dan sekunder. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui jawaban atas pokok permasalahan yang telah dirumuskan.

Hasil penelitian: Manajemen pelayanan prima Qoshwa Tours and Travel dengan memperlihatkan penguatan jamaah, dengan demikian mempermudah jamaah terhadap manajemen pelayanan Qoshwa Tours and Travel. Manajemen pelayanan yang digunakan Qoshwa Tours and Travel adalah pelayanan maksimal kepada jamaah haji dan umrah baik dari administrasi, akomodasi, transportasi, kesehatan dan konsumsi.

Kesimpulan: Qoshwa Tours and Travel sudah mengimplementasikan manajemen pelayanan prima dengan cukup baik, karena di dalamnya memberikan pelayanan yang baik dari mulai administrasi, akomodasi, transportasi, kesehatan dan konsumsi. Karyawan Qoshwa Tours and Travel memberikan pelayanan yang cukup maksimal kepada calon jamaah haji dan umrah

Downloads

Published

2021-12-06