Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Putri Amalia Zubaedah Syntax Corporation Indonesia
  • Chiska Nova Harsela Universitas Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i3.1229

Keywords:

Strategi, Strategi Pemasaran, Pemasaran Syariah, Penjualan

Abstract

Latar belakang: Toko Sembako “AMA” menarik  untuk  diteliti dari segi pemasarannya yang menggunakan konsep syariah. Konsep syariah yang digunakan diantaranya adalah dengan menanamkan nilai nilai keislaman dalam berjualan seperti nilai kejujuran, keadilan dan keterbukaan. Sedangkan dari strategi  pemasarannya, pemasaran syariah  disini  terdiri dari  beberapa karakteristik

Tujuan penelitian:.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing syariah yang dapat meningkatkan penjualan di toko Ama Desa Tegalwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon

Metode penelitian: Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif deskriptif. Yaitu dengan menugmpulkan, menyusun dan mendeskripsikan berbagai dokumen, data yang aktual. Dan data-datanya berasal dari naskah wawancara, foto, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya.

Hasil penelitian: Strategi pemasaran syariah yang diterapkan di Toko AMA Desa Tegalwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon adalah dengan cara pelayanan prima seperti : Ketika toko akan tutup atau libur selalu diberi pemberitahuan terlebih dahulu. Para pelayan toko senantiasa memberi pelayanan prima dengan bersikap ramah dan siap dalam memberikan pelayanan yang terbaik dengan sesuai konsep 7S, yaitu: Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun, Siap dan Siaga

Kesimpulan: Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran syariah.

Downloads

Published

2022-02-14