Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Economic Value Added

Authors

  • Ratih Juwita Universitas Gunadarma
  • Mochamad Rafli Universitas Gunadarma
  • Antoni Antoni Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i2.1228

Keywords:

Economic Value Added (EVA), Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan

Abstract

Latar belakang: Economic Value Added (EVA) merupakan pengukuran kinerja berdasarkan nilai tambah ekonomis yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen. Perusahaan pembiayaan, sebagai perusahaan yang menyewakan, menyediakan dana serta produk yang diperlukan, tidak menarik dana dari konsumen dan mengalami perkembangan yang relatif cepat. PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk salah satu yang terus berkembang di Indonesia.

Tujuan penelitian: Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan meggunakan metode Economic Value Added (EVA) (Studi Empiris Pada PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk).

Metode penelitian: Metode yang digunakan adalah dengan melakukan studi pustaka dan mengunduh laporan keuangan PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk tahun 2016-2020. Jenis data yang digunakan pada penulisan ilmiah ini adalah jenis data kuantitatif karena penulisan ilmiah ini menggunakan data berupa angka yaitu, laporan keuangan PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk.

Hasil penelitian: Hasil penulisan ilmiah ini menunjukkan bahwa pengukuran kinerja keuangan PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk meggunakan metode Economic Value Added (EVA) pada periode 2016-2020 masih belum mampu menghasilkan nilai tambah ekonomis karena Economic Value Added (EVA) bersifat negatif karena nilai Net Operating Profit After Tax (NOPAT) lebih kecil daripada Capital Charges.

Kesimpulan: Kinerja keuangan PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk meggunakan metode Economic Value Added (EVA) pada periode 2016-2020 masih belum mampu menghasilkan nilai tambah ekonomis karena Economic Value Added bersifat negatif disebabkan karena Net Operating Profit After Tax (NOPAT) merupakan laba yang diperoleh setelah pajak perusahaan lebih kecil daripada Capital Charges merupakan biaya yang harus dibayarkan kepada investor perusahaan dari setiap tahunnya.

Downloads

Published

2021-07-06