Penerapan Audit Kepatuhan Prosedur Penjualan Kredit Unit Apartemen

Authors

  • Ratih Juwita Universitas Gunadarma
  • Cindy Mutiara Febyane Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i2.1225

Keywords:

Audit Kepatuhan, Prosedur Penjualan Kredit, Standar Operasional Prosedur

Abstract

Latar belakang: Audit kepatuhan merupakan pemeriksaan prosedur suatu organisasi dalam menentukan apakah organisasi tersebut menerapkan prosedur, peraturan, dan aturan khusus lainnya yang telah ditetapkan oleh otoritas tingkat tinggi.

Tujuan penelitian: Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis audit kepatuhan atas prosedur penjualan kredit (Studi Empiris pada Jasmine Park Apartment).

Metode penelitian: Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah analisis kualitatif deskriptif, yaitu analisis yang bertujuan untuk mmenjelaskan keadaan yang ada berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Data penulisan ilmiah ini berupa data primer dan sekunder dalam bentuk skema, grafik, dan data penjualan Jasmine Park Apartment periode 2020.

Hasil penelitian: Hasil penulisan ilmiah ini menunjukkan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) atas penjualan kredit unit apartemen sudah sangat baik walaupun ada beberapa poin yang tidak terpatuhi oleh karyawan divisi sales sehingga perlu adanya pengawasan dan pemantauan langsung.

Kesimpulan: Analisis hasil penelitian penerapan audit kepatuhan atas prosedur penjualan kredit unit apartemen Jasmine Park tahun 2020, penulis memperoleh hasil penerapan yang telah dipatuhi oleh karyawan Jasmine Park sebesar 87.5% yang berarti sangat kuat atau sangat baik namun belum sepenuhnya dilakukan oleh karyawan Jasmine Park Apartment

Downloads

Published

2021-07-06