Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning per Share (EPS) terhadap Harga Saham
DOI:
https://doi.org/10.36418/covalue.v12i1.1220Keywords:
Net Profit Margin, Harga Saham, Earning per ShareAbstract
Latar belakang: Dalam Pasar Modal terdapat banyak perusahaan yang memiliki tujuan untuk memperoleh laba dan meningkatkan kemakmuran pemegang saham guna agar perusahaan dapat berkembang dan membawa kemajuan perekonomian Laporan keuangan merupakan faktor penting untuk mentukan mana yang akan dipilh sebagai pilihan investasi bagi para investor
Tujuan penelitian: mengetahui baik secara parsial maupun simultan tentang Net Profit Margin dan Earning per Share terhadap Harga Saham.
Metode penelitian: Metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Jenis data ini skunder tersedia dan dipublikasikan di situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) berupa data pelaporan keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Hasil penelitian: hasil engujian yaitu memenuhi asumsi-asumsi klasik seperti adanya normalitas data, tidak ada multikolinearitas, tidak ada autokorelasi dan tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Secara parsial NPM tidak Pengaruh sedangkan EPS memiliki pengaruh. Dan secara Bersama-sama memiliki pengaruh signifikan
Kesimpulan: Dalam beberapa kasus, NPM tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham. Dalam beberapa kasus, EPS dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham. Sementara itu, variabel NPM dan EPS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI.