Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan UMKM

Authors

  • Ratri Paramitalaksmi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Wuku Astuti Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36418/covalue.v12i1.1218

Keywords:

UMKM, Penyajian, Penyusunan laporan keuangan

Abstract

Latar belakang: UMKM (Usaha Miko Kecil dan Menengah) merupakan penyangga bagi perekonomian Indonesia. Menurut  Kementerian Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) pada tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku ekonomi di Indonesia. Saat ini permasalahan yang terjadi adalah penyusunan laporan keuangan UKM masih terdapat kekurangan dan ketidaksesuaian dengan pedoman yang telah dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Tujuan penelitian: menganalisis implementasi dari penyusunan laporan keuangan UMKM (Usaha Kecil Menengah) yang terdapat pada wilayah Duwet, Magelang, Propinsi Jawa Tengah.

Metode penelitian: Metode studi kasus digunakan pada penelitian ini dimana studi kasus ini mempelajari tentang latar belakang keadaan dari sebuah fenomena. Metode studi kasus ini adalah salah satu metode deskriptif, dengan          tujuan   mencari berbagai informasi mengenai bagaimana penerapan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan UMKM pada akhir periode.

Hasil penelitian: 1) Laporan keuangan yang disajikan oleh para pelaku UMKM di wilayah Duwet belum tersaji dengan baik. 2). Laporan keuangan oleh para pelaku UMKM di wilayah Duwet belum disajikan dengan tertib setiap periode.

Kesimpulan: Laporan Keuangan keuangan oleh para pelaku UMKM di wilayah Duwet belum dilaksanakan dengan tertib setiap periode dan masih sangat sederhana.

Downloads

Published

2021-01-06