PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Pemasaran Busana Muslim pada UKM Tamykalika di Masa Pandemi Covid-19)

Authors

  • Mira Veranita Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Rini Susilowati Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Yunyun Ratna H Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Adri Arisena Institut Manajemen Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/comanagement.v4i1.579

Keywords:

bauran promosi; keputusan pembelian; UKM; UMKM; busana muslim

Abstract

UKM Tamykalika sebagai produsen busana muslim, harus selalu dapat memenuhi keinginan masyarakat yang selalu berubah karena perubahan gaya hidup dan trend mode. Di masa pandemic Covid-19 ini, berbagai pembatasan diberlakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang pada akhirnya berdampak pada berbagai aktivitas ekonomi, termasuk UKM Tamykalika.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan alat pengumpulan data observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 75 orang responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM Tamykalika beradaptasi dengan menerapkan online marketing dan melakukan promosi  online melalui platform media sosial dan market place.

Koefisien determinasi menunjukan bahwa pengaruh bauran promosi terhadap proses keputusan pembelian busana muslim di UKM Tamykalika adalah sebesar 74,91%, sedangkan sisanya 25,09% ditentukan oleh faktor-fakror lain diluar penelitian seperti tingkat pendapatan, trend dan pesaing.

 

Downloads

Published

2023-09-20