ANALISIS PELAYANAN BPJS BAGI PRAJURIT DAN KELUARGA TNI DI RSAL DR. MINTOHARDJO
DOI:
https://doi.org/10.32670/comanagement.v4i1.578Abstract
Salah satu kebutuhan dasar prajurit dan keluarga TNI tersebut adalah kebutuhan akan kesehatan dan berhak atas akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. RSAL Dr. Mintohardjo merupakan salah satu rumah sakit yang dimiliki oleh TNI AL dan selalu meningkatkan fasilitas Kesehatan serta kemampuan para petugas kesehatan. RSAL Dr. Mintohardjo ini menjadi rumah sakit mitra BPJS yang merupakan Pemberi Pelayanan Kesehatan dalam sistem rujukan BPJS. RSAL Dr. beberapa kasus serta isu-isu seperti lamanya pelayanan, obat yang tidak terdukung, layanan laboratorium yang belum lengkap dll yang beredar di kalangan prajurit dan keluarga TNI mengakibatkan persepsi bahwa terdapat perbedaan pelayanan terhadap pasien. Ternyata setelah dilakukan penelitian, tingkat kepuasan prajurit dan keluarga TNI terhadap pelayanan di RSAL Dr. Mintohardjo ada di sekitar %. Analisa perhitungan kesenjangan antara tingkat kepentingan/harapan pelayanan dengan tingkat kepuasan/kinerja, maka terdapat 2 butir pertanyaan (11 %) yang memiliki kesenjangan negatif antara tingkat kepentingan dengan tingkat kepuasan/kinerja rumah sakit.