PENGARUH SIMPANAN TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI KARYAWAN “HARAPAN KITA” PT. CERES – PT. PCI TAHUN 2015 - 2019

Authors

  • Gunardi Gunardi Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Deni Lesmana Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Sugiyanto Sugiyanto Institut Manajemen Koperasi Indonesia
  • M. Yusuf Sanny Politeknik Piksi Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32670/comanagement.v4i1.575

Keywords:

Simpanan, Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, Sisa Hasil Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat simpanan, tingkat sisa hasil usaha, pengaruh simpanan terhadap sisa hasil usaha pada Koperasi Karyawan “Harapan Kita” PT. Ceres – PT. PCI Periode 2015-2018, serta permasalahan dan upaya yang dilakukan berkaitan dengan simpanan dan sisa hasil usaha pada Koperasi Karyawan “Harapan Kita” PT. Ceres – PT. PCI.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi studi lapangan, dokumentasi, dan kajian pustaka. Dari hasil penelitian, tingkat simpanan dan sisa hasil usaha setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil analisis data menunjukan bahwa simpanan berpengaruh terhadap sisa hasil usaha sebesar 90% yang artinya sangat kuat sisanya 10% dipengaruhi oleh faktor lain. Permasalahan yang terjadi diantaranya penurunan jumlah anggota , minimnya pengetahuan dan kesadaran anggota, kurangnya pengecekan barang dan minimnya luas lahan untuk display barang yang akan dijual ke anggota. Untuk mengatasi permasalahan tersebut koperasi melakukan melakukan kerjasama dengan perusahaan mengenai calon anggota potensial, pemberian rewards tambahan untuk karyawan yang memiliki simpanan diatas 10 juta, membuat jadwal pengontrolan barang yang diperjual belikan di toko secara rutin agar barang tertata rapi serta memaksimalkan area outdoor untuk display barang.

Adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah merekrut karyawan lama untuk menjadi anggota, mewajibkan keanggotan koperasi melalui serikat pekerja dan perusahaan, mengubah ketentuan minimal simpanan, exspansi perluasan waserda, merubah kebijakan penjulan barang ke selain anggota.

Downloads

Published

2023-09-20