PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK, KONFLIK DAN TURNOVER INTENTION TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PERUMDA BPR MAJALENGKA

Authors

  • Deni Istiono Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.32670/comanagement.v4i1.574

Keywords:

Lingkungan Kerja Non Fisik ; Konflik ; Turnover Intention ; Produktivitas Kerja Karyawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan kerja non fisik, konflik, dan turnover intention terhadap produktivitas kerja pegawai PERUMDA BPR Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PERUMDA BPR Majalengka dengan jumlah sampel sebanyak 113 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Slovin sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, pengujian hipotesis secara parsial dan simultan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja non fisik berada pada kategori sangat baik, konflik berada pada kategori sedang, turnover intention berada pada kategori baik, dan produktivitas kerja berada pada kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja Non Fisik, Konflik, dan Turnover Intention berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Dan hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja Non Fisik, Konflik dan Turnover Intention berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan.

Downloads

Published

2023-09-20