PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (PBV) (Studi pada PT. Tri Banyan Tirta, Tbk)

Authors

  • Akbar Akbar STIE Yasa Anggana
  • Siti Maryam STIE Yasa Anggana
  • Karyadi Karyadi Politeknik Piksi Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32670/comanagement.v3i2.428

Keywords:

Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PBV)

Abstract

Price to Book Value (PBV) merupakan hubungan antara harga pasar saham dan nilai buku per lembar saham digunakan sebagai pendekatan alternatif untuk menentukan nilai suatu saham, karena secara teoritis, nilai pasar suatu saham haruslah mencerminkan nilai bukunya.

Maksud penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum mengenai tentang earning per share dan price to book value pada PT. Tri Banyan Tirta, Tbk. Sedangkan tujuan untuk mengetahui perkembangan earning per share, perkembangan price to book value dan seberapa besar pengaruh earning per share terhadap price to book value.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan asosiatif. metode analisis yang digunakan terdiri dari earning per share menggunakan rumus eat dibagi jumlah saham yang beredar, price to book value menggunakan rumus harga saham perlembar dibagi book value, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi sederhana kemudian data diolah menggunakan program aplikasi SPSS versi 21. Data yang diambil berupa data sekunder yang diperoleh melalui Laporan Keuangan periode 2016-2019 dalam triwulan, dan beberapa kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan EPS berkisar antara 0,29% sampai 17,06%. Perkembangan PBV berkisar 1,46 kali sampai 2,42 kali, dan perkembangan EPS terhadap PBV pada PT. Tri Banyan Tirta, Tbk mengalami fluktuasi (naik-turun). Nilai korelasi sederhana sebesar 0,245 yang berarti EPS terhadap PBV mempunyai hubungan yang rendah. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,06 hal ini berarti PBV dipengaruhi EPS sebesar 6% dan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dan regresi sederhana memperoleh persamaan Y = 1,882 +0,011X, dapat diartikan setiap peningkatan 1% EPS maka PBV akan naik sebesar 1,1%, dan apabila earning per share = 0 maka nilai price to book value sebesar 1,882.

Downloads

Published

2020-12-25