Penerapan Metode Berpikir Desain Dalam Membangun Inovasi Perusahaan Startup Di Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.32670/comanagement.v3i2.427Keywords:
Design Thinking, Startup, Inovasi, TasikmalayaAbstract
Persaingan para pelaku usaha rintisan kian berat, untuk itu dibutuhkan sebuah metode agar perusahaan rintisan dapat menemukan produk yang dibutuhkan dan perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Metode berpikir desain berfokus pada pemecahan masalah pelanggan, metode ini juga dapat membantu pelaku usaha rintisan selangkah demi selangkah untuk menemukan produk yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pelaku usaha rintisan dalam membangun inovasi perusahaan agar tepat guna bagi masyarakat. Selain itu juga agar peneliti mengetahui bagaimana kendala dan manfaat penerapan inovasi bagi pelaku usaha rintisan di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui proses wawancara dengan menggunakan kuesioner tertutup kepada para pelaku usaha rintisan baru di Kota Tasikmalaya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa banyak usaha rintisan belum mengenal metode berpikir desain. Mereka juga belum memiliki pemahaman mengenai pentingnya inovasi pada perkembangan usaha rintisan.