RELATIONSHIP MARKETING DALAM PENGEMBANGAN BISNIS

Authors

  • Gijanto Purbo Suseno Purbo Suseno Institut Manajemen Koperasi Indonesia
  • Emi Habiburohmah Habiburohmah Institut Manajemen Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/comanagement.v3i2.426

Keywords:

Relationship marketing, perkembangan bisnis, sosialisasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Industri Mie MJF, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konstituen kunci relationship marketing IM MJF yang terdiri dari pelanggan, pegawai, pemasok dan koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan relationship marketing antara perusahaan dengan masing-masing konstituen masuk dalam kategori baik. Namun demikian, hasil pengujian menunjukkan adanya hubungan yang sangat lemah antara relationship marketing dengan perkembangan bisnis (0,245), atau hanya berkontribusi 6% terhadap perkembangan bisnis. Hal ini dimungkinkan terjadi karena perusahaan kurang mensosialisasikan adanya fasilitas yang dapat memberi motivasi dan pengarahan pada pelanggan industrinya. Perusahaan diharapkan lebih aktif dalam sosialisasi fasilitas dan insentif, lebih membuka kesempatan pada pelanggan untuk memberikan kritik dan sarannya.

Downloads

Published

2021-04-14