CASHLESS DAN CARDLESS SEBAGAI PERILAKU TRANSAKSI DI ERA DIGITAL: SUATU TINJAUAN TEORETIS DAN EMPIRIS
DOI:
https://doi.org/10.32670/comanagement.v3i2.424Keywords:
Perilaku Bisnis, Cashless, Cardless, Industri 4.0Abstract
Kajian ini bertujuan untuk memahami cashless dan cardless transaction sebagai perilaku bisnis baru industri 4.0 yang didukung dengan cashless society 5.0. Hingga saat ini kompetensi digital, demografi, dan inftrastruktur di Indonesia dalam menerapkan cashless dan cardless ekonomi belum optimal. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan metode studi literatur. Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan perilaku transaksi cashles dan cardless di Indonesia dan kesiapan Indonesia menjadi cashless dan cardless country. Hasil analisis menyatakan bahwa perilaku cashless dan cardless transaction sudah berjalan, merupakan perilaku bisnis yang dapat memberi nilai tambah ekonomi dan menjadi alternatif solusi permasalahan perekonomian di Indonesia. Kesiapan Indonesia menjadi cashless dan cardless country masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk megoptimalkan literasi finansial dan digital kompetensi masyarakat.