ANALISIS AKUNTABILITAS KINERJA KEUANGAN DAN MANAJEMEN PELAYANAN KOPERASI SERTA MANFAATNYA BAGI ANGGOTA PADA KOSPIN JASA PEKALONGAN

Authors

  • I Gede Kahar Suputra Universitas Koperasi Indonesia

Keywords:

Koperasi, Akuntabilitas, Kinerja Keuangan, Manajemen Pelayanan

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam (KOSPIN) Jasa yang berkantor pusat di Kota Pekalongan, Jawa Tengah adalah salah satu koperasi terbesar di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KOSPIN JASA Pekalongan dalam segi kinerja keuangan menunjukan kriteria akuntable. Hasil ini diperoleh dari rasio likuiditas yang liquid, rasio solvabilitas yang solvable dan rasio rentabilitas modal sendiri yang rentable. Dalam segi manajemen pelayanan menunjukan kriteria akuntable. Hasil ini diperoleh dari 4 indikator yang mendukung terjadinya manajemen pelayanan menunjukan akuntable diantaranya adalah kualitas produk yang akuntable, layanan yang akuntable, sistem pembayaran yang akuntable dan kenyamanan yang akuntable. Karena kinerja keuangan dan manajemen pelayanan menunjukan akuntable berarti KOSPIN JASA Pekalongan dapat bertanggung jawab atas kegiatan yang KOSPIN kerjakan. Dengan akuntabilitas menunjukan dampak positif dalam manfaat ekonomi yaitu dapat mengefisiensikan pembelanjaan, dapat terlindungi dari gejolak pasar, dapat memperkuat diri dalam memperluas jangkauan pasar yang ditunjang dari koperasi dan dapat membangun kegiatan yang bersifat komplementer.

Downloads

Published

2022-12-26