ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM AROFAH FOOD JAYA SEMARANG

Authors

  • Jaka Sudewa Universitas Koperasi Indonesia
  • Gijanto Purbo Suseno Universitas Koperasi Indonesia
  • Adri Arisena Universitas Koperasi Indonesia
  • Fadla Muzaiyyannah Universitas Koperasi Indonesia

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Suatu produk baik barang ataupun jasa ketika dipasarkan maka diperlukan suatu strategi dengan pola rencana tertentu agar upaya meningkatkan penjualan dapat tercapai. Strategi pemasaran dapat dimaknai juga suatu rangkaian atau sebuah cara suatu perusahaan agar apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan agar dapat diketahui strategi apa yang dapat dijalankan oleh UMKM Arofah Food Jaya Semarang dalam upaya meningkatkan volume penjualan dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan dengan menggunakan analisis SWOT UMKM ‘Arofah Food Jaya dalam upaya meningkatkan volume penjualannya berdasarkan hasil kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta koordinat posisi ‘Arofah Food Jaya terletak pada kuadran I yaitu dimana hal ini merupakan termasuk strategi agresif. Maka keadaan tersebut berada pada situasi yang sangat menguntungkan karena perusahaan memiliki peluang yang besar serta didukung dengan kekuatan yang dimiliki oleh UMKM Arofah Food Jaya, peluang yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM Arofah Food Jaya yaitu memperluas jangkauan pemasarannya, seperti memperbanyak kerjasama dengan Pujasera di Wilayah Kota Semarang serta memanfaatkan pemasaran secara digital sehingga tujuan meningkatkan volume penjualan dapat tercapai, sedangkan kekuatan yang dimiliki UMKM Arofah Food Jaya yaitu tersedianya bahan baku yang mudah didapat karena UMKM Arofah Food Jaya merupakan anggota dari Koperasi Cipta Boga Mandiri.

Downloads

Published

2022-12-26