PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT GUDANG GARAM, TBK

Authors

  • Euis Hernawati Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Raetih Tri Masdalifah Politeknik Piksi Ganesha Bandung Indonesia

Keywords:

Biaya Pemasaran; Profitabilitas; Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap profitabilitas pada PT Gudang Garam, Tbk, metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui metode dokumentasi dilakukan dengan cara mencari informasi melalui buku-buku, artikel, jurnal, laporan keuangan, penelitian terdahulu, media elektronik, dan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan pengaruh biaya pemasaran terhadap profitabilitas pada PT Gudang Garam, Tbk adalah sebesar 69,1% , selain itu juga dipengaruhi faktor lain diluar penelitian sebesar 30,9%.. Saran : (1) Melakukan promosi yang intensif dan perluasan jaringan distribusi peluncuran produk baru yang harganya lebih bersaing di pasaran (2) Melakukan pengelolaan kebutuhan pendanaan secara cermat dan konsisten guna memenuhi kebutuhan pendanaan di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2022-06-26