Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan In-deks Kepuasan Masyarakat

Authors

  • Goreti Akna Vilanati G.B a:1:{s:5:"en_US";s:41:"Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga";}
  • Tintien Koerniawati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Rudy Latuperissa Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v3i3.4358

Keywords:

Kualitas pelayanan; Perpustakaan digital; Indeks Kepuasan Masyarakat

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar yang dapat digunakan oleh pemakai dalam hal ini mahasiswa, dosen, maupun masyarakat dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya.Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi tingkat kepuasan dan kepercayaan mahasiswa terhadap perpustakaan digital maka dilakukan penelitian tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di perpustakaan Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan mahasiswa dan metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, data kuantitatif yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan perpustakaan digital di Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menunjukkan kategori baik (B). Unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi adalah kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan, sedangkan unsur dengan nilai terendah adalah persyaratan pelayanan.

References

Ashari, D. V. (2021). Kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan masyarakat di Perpustakaan BPPT Jakarta. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/22667/3/T1_742018802_Isi.pdf

Boldi, B. (2015). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. FAKULTAS EKONOMI. https://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i2.442

De Yusa, V., & HS, A. M. A. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pela- yanan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung. Jurnal Mana- jemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 169-176.

https://doi.org.10.29259/jmbs.v17i3.10062

Erika. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan TI ISTN). Jurnal JITMI, 2(2), 126-130. https://doi.org/10.37277/stch.v30i1.480

Harjono Padmono Putro. (2022). Harmonization of communication channels: The impact of IT governance on organizational interactions. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (JIM-ID), 1(02), 75–81. https://doi.org/10.58471/esaprom.v1i02.3539

Herwanto, P. Putro, H., & Mulyana, A. (2023). Pengendalian sistem pengaturan untuk menentukan kandidat penerima bansos covid-19 menggunakan metode simple additive weighting (SAW) (Studi kasus Kelurahan Jaticempaka Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi – Jawa Barat). Jurnal Manajemen Teknologi Dan Rekayasa, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.61488/jmtr.v1i1.306

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 ten- tang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum. https://simpuh.ke- menag.go.id/rj?jenis=keputusan%20Menpansan20%RB

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 ten- tang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. https://simpuh.ke- menag.go.id/rj?jenis=keputusan%20Menpansan20%RB

Lasa HS. (2006). Jenis-Jenis Layanan Informasi Perpustakaan: sirkulasi dan Referensi. Ja- karta: Universitas Gajah Mada Press. hlm. 110

Putro, H. P. (2022). Aligning IT governance with organizational communication strategies for enhanced connectivity. Jurnal Komputer Indonesia (Ju-Komi), 1(01), 28–35. https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/jukomi/article/view/383

Putro, H. P. (2023). Building digital communication effectiveness in organizations. Journal Of Data Science, 1(02), 61–67.

Putro, H. P., & Rusadi, U. (2022). Structure-agent relationship in social construction process an implementation of election information system in Indonesia. Unkris.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Wahyuntini, S., & Endarti, S. 2021. Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 1–6

Yusuf, Pawit M dan Yaya Suhendar. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Vilanati G.B, G. A., Koerniawati, T. ., & Latuperissa, R. . (2024). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan In-deks Kepuasan Masyarakat. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.32670/ht.v3i3.4358