Analisis komunikasi organisasi pada CV Awing Citra Abadi Teknik
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3867Keywords:
Kehumasan, Komunikasi organisasi, Perusahaan, Komunikasi organisasi kehumasan, Hubungan masyarakatAbstract
Penelitian ini dilatarbekangi oleh komunikasi organisasi kehumasan yang menjadi garda utama sebagai pengelola komunikasi organisasi dalam upaya mempertahankan eksistensi organisasi dalam masyarakat. Komunikasi organisasi kehumasan dijalankan oleh perusahaan sebagai pembentuk karakteristik dan jati diri perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem komunikasi organisasi kehumasan yang ada pada perusahaan CV Awing Citra Abadi Teknik serta pengaruhnya terhadap kinerja pegawai dalam konteks pengaruh yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang ditemukan berdasarkan sumber data primer dan sekuner yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tinjauan dari buku-buku, penelitian terdahulu, dan artikel-artikel yang berkaitan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa sistem komunikasi organisasi kehumasan yang ada pada CV Awing Citra Abadi Teknik dibagi menajdi dua yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Komunikasi internal dikelola dan diawasi langsung oleh pimpinan perusahaan, sedangkan komunikasi eksternal dikelola oleh bagian humas dan diawasi oleh pimpinan perusahaan.
References
Andri, & Tamburian, D. (2022). Fungsi Public Relations Harvest dalam Membangun Reputasi Perusahaan. Jurnal Kiwari, 1(4), 757–761.
Anggraini, K., Wahidah, N. R., & Desthiani, U. (2021). Peran Humas Sebagai Fungsi Publikasi Dalam Mensosialisasikan Kegiatan Survei Seismik Pt Elnusa Tbk. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5612
Damayanti, N., Arief, M., & Rachmawati, S. (2018). Corporate Social Responsibility (Csr) Pt.
Sido Muncul Tbk. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 277–288.
Datuela, A. (2014). Strategi Public Relations PT Telkomsel Branch Manado. Jurnal Acta Di- urna, 2(1).
Fatikh, M. A., & Panuju, R. (2018). Komunikasi Organisasi Kehumasan Polres Pasuruan. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 22–34. http://repository.unitomo.ac.id/1011/1/com- binepdf%282%29.pdf
Fauzi, A., Fiksi, A. W. N., Nitami, A. D., Firmansyah, A., Lestari, F. A., Widyananta, R. Y., Rahmah, T. S. N., & Pradana, T. W. (2022). Peran Komunikasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dalam Organisasi di PT Multi Daya Bangun Mandiri (Liter- ature Review MSDM). JEMSI : Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 588- 598. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i6
Harahap, R. N., Nurbani, & Kurniawati, D. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kota Medan Dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 6(1), 34–51. http://www.ppid.pemkomedan.go.id
Harini, I. N. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). In Jurnal Inspirasi Manajemen Pen- didikan (Vol. 4, Issue 4).
Hasan, S. (2018). Model Komunikasi Pada Program CSR Pemberdayaan Wirausaha Muda Perusahaan Migas. Interdisciplinary Journal of Communication, 3(1), 59–82.
Hasmawati, F., & Aliasan, A. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Manajemen Pengembangan Organisasi. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(2), 42–50.
Indrawati, E. S. (2015). Status sosial ekonomi dan intensitas komunikasi keluarga pada ibu rumah tangga di Panggung Kidul Semarang Utara. Jurnal Psikologi, 14(1), 52–57.
Putro, H. P. (2023a). Building Digital Communication Effectiveness in Organizations. Journal Of Data Science, 1(02), 61–67.
Putro, H. P. (2023b). Digital Communication as a Tool for Improving Organizational Performance. Jurnal Info Sains: Informatika Dan Sains, 13(03), 941–947.
Riono, S. B., Syaifulloh, M., & Utami, S. N. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Rumah Sakit dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Jurnal Syntax-Idea, 2(4), 138–147. http://www.jurnal.syntax- idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/190
Sariani, N. L. P. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN.KINERJA KAR-
YAWAN DI BHR LAW OFFICE. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4(2). http://jour- nal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
Siregar, F. A., & Usriyah, L. (2021). Peranan Komunikasi Organisasi dalam Manajemen Kon- flik. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 163–174. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.147
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi (A. Rasyadany & A. Y. Wati, Eds.; 1st ed., Vol. 2020). Deepublish (Grup Penelitian CV Budi Utama).