Fenomena keberadaan warung kopi bagi masyarakat produktif Kota Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3734Keywords:
Experience of space, Eksistensi, Warung kopi, Makna, Masyarakat produktifAbstract
Experience of space erat kaitannya terhadap suatu topik yang berhubungan dengan eksistensi/keberadaan suatu tempat. Warung kopi merupakan salah satu tempat yang eksistensi/keberadaannya terus terjaga sampai saat ini. Keberadaan warung kopi merupakan suatu fenomena mendunia yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat produktif. Banyak dari Masyarakat produktif yang menjadikan warung kopi sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan karena pada warung kopi terdapat makana/nilai tersendiri yang dapat membedakannya dengan tempat lain. Hal itu menyebabkan eksistensi/keberadaan warung kopi terus terjaga, terlepas dari kondisi warung kopi tersebut. Adapun artikel ini untuk mengetahui seberapa bernilai warung kopi bagi masyarakat produktif di Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian menggunakan kualitatif, dan pendekatan eksploratif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi juga wawancara. Hasil dari observasi dan wawancara dianilis dengan menggunakan variabel-variabel pembentuk place, sehingga mengetahui bahwa keberadaan warung kopi bagi masyarakat produktif sangat bernilai, dan tidak dapat tergesar dan tergantikan dengan tempat lainnya. Makna yang terdapat pada warung kopi terbentuk berdasarkan experience of space yang dapat merubah space menjadi place sehingga dapat membentuk suatu nilai pada warung kopi.
References
Anwar, K. (2018). Pengaruh jumlah penduduk usia produktif, kemiskinan dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten bireuen. J Ekonomi Reg Unimal, 1(1), 15–22.
Herningtyas, R. A., & Afifah, C. A. N. (2017). Pelatihan Higiene Sanitasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Penjamah Makanan Warung Kopi Di Kawasan Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya. E-Journal Boga, 5(3).
Maâ, A., & Gunawan, G. (2019). Warung Kopi sebagai Ruang Ketiga bagi Pelajar SMA di Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 8(1), 532–544.
Margono, A., Putra Redyantanu, B., Otto Sutanto, F., Niantiara Putri, I., Julita, I., Ellanda Wijaya, M., Johan Mangitung, R., Damayanti, R., & Lamuel, T. (2020). ruang-arsitektur: sebuah studi filsafat kontemporer.
Mayora, P. (2018). Pengaruh Atmosfer Warung Kopi Klotok Pakem Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Ulang [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17788
Putra, R. A., & Ekomadyo, A. S. (2015). Interpretasi Makna Pada Warung Kopi Aceh Studi Kasus: Warung Kopi Solong di Banda Aceh. Atrium: Jurnal Arsitektur, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.21460/atrium.v1i1.32
Putranti, R. A. A., Ririanty, M., & Nafikadini, I. (2017). Peran Perangkat Desa dan Kecamatan terhadap Pengendalian Peningkatan Seks Bebas Melalui Keberadaan Warung Kopi (Studi Kasus di Kabupaten Jember)(The Role of Village and Subdistrict Staff in Controlling The Enhancement of Free Sex Through The Existence o. Pustaka Kesehatan, 5(2), 199–205.
Rivqi, A., Suyanti, K., & Safrida. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Warung Kopi di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 1(1), 217–226.
Rohimi. (2022). Warung Kopi Dan Simbolisasi Keislaman (Studi Kasus Di Kota Yogyakarta). MUDABBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(1), 329–343.
Sufi, S. (2020). Strategi Pemerintah Kota Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Pajak Restoran. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 1–23.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmaningrum, A. (2017). Memanfaatkan usia produktif dengan usaha kreatif industri pembuatan kaos pada remaja di Gresik. Paradigma, 5(3).
Tamariska, S. R., & Ekomadyo, A. S. (2017). ‘PLACE-MAKING’RUANG INTERAKSI SOSIAL KAMPUNG KOTA’’: Studi Kasus: Koridor Jalan Tubagus Ismail Bawah, Bandung.’ Jurnal Koridor, 8(2), 172–183.
Yaniasti, N. L., Setiawan, G. D., Puger, I. G. N., Dewi, K. Y. F., Mudarya, I. N., Tjahyanti, L. P. A., Siswanti, D., Ursula, P. A., Pradnyani, A. A. I. A., & Indriaswuri, R. (2022). Mengenali Potensi Diri Untuk Menjadi Remaja Produktif Di Masa Pandemi Covid-19. Jnana Karya, 3(1), 1–10. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/JK/article/view/969
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289