IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MA AL-ASY’ARI KERAS DIWEK JOMBANG
Keywords:
Pembelajaran, Fiqih, Metode Problem Based LearningAbstract
Metode Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan kekreatifan siswa dalam berpikir dan meningkatkan kekompakan antar siswa dalam membuat keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di MA Al- Asy’ari Keras, serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di MA Al- Asy’ari Keras. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih MA al-Asy’ari Keras diwek Jombang berhasil mewujudkan siswa yang kreatif dan kritis dalam berpikir, mampu menyelesaikan masalah dengan mengambil keputusan dari banyaknya pendapat, bisa saling menghargai perbedaan pendapat satu sama lain dan metode ini berhasil untuk dijadikan sebagai cara belajar yang membuat siswa aktif, berkolaborasi dan mudah memahami materi yang diajarkan. Adapun faktor pendukung yakni adanya sarana dan prasarana, kekreatifan guru dan kondisi lingkungan. Sedangkan faktor penghambat yakni siswa kesulitan dalam memunculkan ide-ide dalam memecahkan masalah, pemahaman siswa yang berbeda-beda dan ketersediaan waktu yang sedikit dan singkat.
References
Al-Qur’an Al-karim
Abdussamad Zuchri. 2021. Metode penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.Cet-1 Desember.
Akhirudin, dkk. 2020.Belajar & Pembelajaran teori dan implementasi. Yogyakarta Samudra Biru cet.1 November.
Anwar Syahrul. 2010. Ilmu fiqih & Ushul Fiqih. Cet.1, Bogor Ghalia Indonesia September.
Hafsah. 2016. Pembelajaran Fiqih. Citaputaka Media Perintis, Bandung Cetakan Kedua Edisi Revisi.
Harisudin M. Noor. 2019. Pengantar ilmu Fiqih. Surabaya: Cetakan Ketujuh Pena Salsabila.
Ma’ruf dan Rosilawati Ana. 2019. Pembelajaran Fiqih. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Muhammad Abdullah Bin Ismail Al-Bukhori, Shahih Al-Bukhori, Hadist Nomor 71, Bairut: Dar Al Kitab al ‘Ilmiyyah,2002.
Setiawan M, Andi. 2017. Belajar dan pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sofyan Herminarto dkk. 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Ed. 1, Cet.1, Yogyakarta. UNY Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitiann Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Yuberti. 2014. Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam Pendidikan, Lampung: Anugrah utama raharja.