INTEGRASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI PENDEKATAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21

Authors

  • Ade Yurika Isti Megawati Universitas Sebelas Maret
  • Ahmad Lukito Universitas Sebelas Maret
  • Dewi Hary Rachmasari Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pendidikan, PjBL, STEM, Pembelajaran Fisika, Keterampilan abad 21

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 membutuhkan transformasi dan pengembangan sumber daya manusia untuk memenuhi tuntutan era global. Kemampuan 4C (critical thinking, communication, creative thinking, dan collaboration) merupakan keterampilan esensial pada abad 21 yang wajib dimiliki oleh siswa guna meningkatkan kompetensi mereka. Pada proses pembelajaran di abad 21, Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan. Model pembelajaran berbasis PjBL-STEM pada pembelajaran fisika dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui keefektifan integrasi project based learning dengan STEM pada pembelajaran Fisika sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 melalui metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 44 referensi dari buku dan jurnal terakreditasi nasional dan internasional terkait topik tersebut. Hasil studi penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian pembelajaran berbasis PjBL-STEM efektif untuk meningkatkan keterampilan yang harus dimiliki siswa di abad-21 karena adanya dampak dari keterampilan 4C yang harus dimiliki siswa, meliputi berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.

References

Ahnas, M. A. (2020). Implementasi Prinsip-prinsip Pembelajaran Abad 21 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Blora. UIN Walisongo.

Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) SMA Negeri 3 Banjarbaru. 9(1), 106–119.

Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 1(1), 586–594.

Amri, M. S., Sudjimat, D., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 41–50.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran DalamPenerapan Keterampilan Abad 21 Pada PendidikanDasar Dan Menengah. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 620–626.

Chalim, M. N., Mariani, S., & Wijayanti, K. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Self Efficacy pada Setting Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 540–550.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 21–27.

Erlina, Y., Burhan, H. L., & Nurul, Z. N. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/392 Analisis

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Firmansyah. (2019). Penerapan model pembelajaran PJBL -STEAM menggunakan media video camtasia untuk meningkatkan literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 120 Berru, Soppeng. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3 No 2(2), 499–518.

Fiteriani, I., Diani, R., Hamidah, A., & Anwar, C. (2021). Project-based learning through STEM approach: Is it effective to improve students’ creative problem-solving ability and metacognitive skills in physics learning? IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012058

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Hadinugrahaningsih, T., RahmawatI, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. In LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori, dsn Aplikasinya.”

Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2(1), 432–436. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1099

Kamilasari, N. W., Astutik, S., & Nuraini, L. (2019). Model pembelajaran collaborative creativity (CC) berbasis SETS seminar nasional pendidikan fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 207–213.

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 1(1), 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284–1289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.

Mundilarto, & Ismoyo, H. (2017). Effect of problem-based learning on improvement physics achievement and critical thinking of senior high school student. Journal of Baltic Science Education, 16(5), 761–779. https://doi.org/10.33225/jbse/17.16.761

Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.

Muslimah, U., & Listiyani, E. (2022). Analysis Of Mathematical Creative Thinking Skills Of Class Vii Junior High School Learners On Online Learning. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 39–48.

Mukti, W. M., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan Google sites pada materi listrik statis. FKIP e-Proceeding, 5(1), 51-59.

Ningrum, R., Rahman, T., & Riandi, R. (2021). Penerapan STEM FROM HOME dengan Model PjBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 299–307. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.299-307

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Journal Bioterdidik, 7(3), 50–58.

Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Rasyid, M. Al, & Khoirunnisa, F. (2021). The Effect Of Project-Based Learning On Collaboration Skills Of High School Students. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 9(1), 113. https://doi.org/10.26714/jps.9.1.2021.113-119

Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1422. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14107

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018a). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018b). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Ejurnal UIN Imam Bonjol, 107–117.

Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. (2021). Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402–2418.

Sudinpreeda, H., Mutohhar, M., Nurcahyo, A. D., & Kartika, F. (2020). the Presence of Collaboration Skill in Elt Class. Prominent, 3(2), 305–312. https://doi.org/10.24176/pro.v3i2.5333

Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BioEdUIN, 9(9), 28–43.

Wagola, F., Abas, A., & Soumokil, A. (2022). Upaya Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Mata Pelajaran PKn pada Siswa Kelas X di SMAN 12 Seram Barat. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3388–3395.

Wardah, I., Septaria, K., Mahbubah, K., & Mubarok, H. (2022). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Model on Students’ Science Literacy in Social Studies Subjects. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(2), 108–119. https://doi.org/10.36312/esaintika.v6i2.738

Wijayanti, A., & Fajriyah, K. (2018). Implementasi Stem Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sd. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 06(02), 62–69.

Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi, 8(2), 94. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154

Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.

Yuliyanto, E., Imaduddin, M., & ... (2021). Implementing Stem Project-Based Online Science Learning for Pre-Service Teachers. … Seminar Nasional & …, 3(Query date: 2022-07-03 18:59:21), 233–246.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Megawati, A. Y. I., Lukito, A., & Rachmasari, D. H. (2023). INTEGRASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI PENDEKATAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5), 894–904. Retrieved from http://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3182