LMS Model Pembelajaran Berbasis LMS Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Demak
Learning Management System
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i7.1715Abstract
Penelitian dilakukan dalam rangka untuk mengetahui fenomena aktivitas pembelajaran di SMAN 2 Demak, Jawa Tengah selama masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan studi ini adalah menggunakan desain penelitian survey dengan teknik diskriptif kualitatif. Artinya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis data melalui instrumen mencakup; angket, wawancara, dokumen, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi faktual dikaji dari aspek; penerapan kurikulum, metode pembelajaran, dan pemanfaatan TIK masuk kategori baik. Sementara dari aspek kompetensi guru masuk kategori sangat baik. Implikasinya, pengelola layanan pembelajaran di lingkungan SMAN 2 Demak perlu memperkuat pelatihan dan pendampingan TIK bagi para guru secara berkelanjutan. Pelatihan pemanfaatan TIK ini diperlukan guna memastikan integrasi TIK dalam pembelajaran.
References
Adedoyin, O.B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 pandemic and online learning: The challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 1–13. doi.org.10.1080/10494820.2020.1813180.
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics. https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640.
Azzahra, N.F. (2020). Mengkaji hambatan pembelajaran jarak jauh di Indonesia di masa pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies (CIPS). https://id.cips indonesia.org/post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdi-indonesia-di-masa covid-19.
Bahri, Humaedi, Rizal, Gamar, M. M., Misnah, & Riang Tati, A. D. (2021). Utilization of ICT-Based Learning Media in Local History Learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012079.
Bima, L (2020). Analisis awal terhadap faktor pendorong ketimpangan dalam pembelajaran jarak jauh di tingkat sekolah dasar. Smeru Research Institute, https://smeru.or.id/id/content/analisis-awal-terhadap-faktor-pendorong-ketimpangan-dalam-pembelajaran-jarak-jauh-di-tingkat.
Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070.
Hilman, I., & Dewi, S. Z. (2021). The Analysis of Primary School Teachers Ability in The Application of ICT-Based Learning Media In Tarogong Kidul District. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1012.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.
Kemdikbud, & Kemdikbud, pengelola web. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. In Jakarta, 28 Mei 2020.
Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6.
Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015.
Mestika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, Cet. ke-1.
Miftah, M. (2022). Landasan Konseptual Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. April, 25–31. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i1.1425.
Pecay, R. K. D. (2017). Youtube integration in science classes: Understanding its roots, ways, and selection criteria. Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2017.2684.
Richey, R. C., Klein, J. D., & Nelson, W. a. (2004). Developmental research: Studies of instructional deisgn and development. Handbook of Research for Educational Communications and Technology.
Supriyatno, T., Susilawati, S., & Ahdi, H. (2020). E-learning development in improving students’ critical thinking ability. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5154.
Warsita, B. (2019). Evaluasi media pembelajaran sebagai pengendalian kualitas.Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.