Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Mote - Mote di Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i9.5098Keywords:
digital marketing, brand awareness, keputusan pembelianAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi, strategi pemasaran mengalami transformasi yang signifikan. Digital marketing dan brand awareness menjadi faktor penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama dalam industri fashion. Penelitian ini memiliki tujuan agar melihat seberapa besar pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada Mote-mote di Bandar Lampung. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 17.307, sedangkan sampel sebanyak 100 konsumen mote-mote store, menentukan sampel diperoleh dengan rumus Slovin. Sampel di ambil menggunakan teknik acak, memproses data yang diterapkan dalam penelitian dipergunakannya uji regresi linear berganda yang mengenakan SPSS statistics 25. Berdasarkan temuan penelitian yang didapat menunjukan adanya pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mote-mote di Bandar Lampung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah digital marketing dan brand awareness berperan penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen, sehingga pemilik usaha perlu meningkatkan strategi pemasaran digital dan memperkuat kesadaran merek untuk menarik lebih banyak pelanggan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pemasaran digital dan strategi brand awareness yang efektif dapat meningkatkan daya saing usaha serta keberlanjutan bisnis, terutama bagi perusahaan baru seperti Mote-Mote di Bandar Lampung.