Implementasi Prinsip Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Farmasi di Indonesia

Authors

  • Hengky Setiawan Universitas Esa Unggul
  • Risnah Pujawaty Universitas Esa Unggul
  • Raihan Arafah Universitas Esa Unggul
  • Yeny Yunanti Universitas Esa Unggul
  • Geraldus Belarasta Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i8.5078

Keywords:

Efektivitas Pemasaran, Total Quality Management (TQM), Perusahaan Farmasi, Prinsip TQM

Abstract

Dengan adanya persaingan yang kompetitif di industri farmasi maka perusahaan farmasi harus mampu menghasilkan produk yang memiliki kualitas baik. Untuk itu diperlukan pendekatan strategis yaitu Total Quality Management (TQM), dimana TQM fokus pada perbaikan kualitas secara menyeluruh dan keterlibatan semua departemen dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi TQM terhadap peningkatan efektivitas pemasaran perusahaan farmasi di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan cara Systematic literature review dimana bahan-bahan penelitian diambil dari penelitian terdahulu dengan menggunakan analisa deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip Total Quality Management (TQM) seperti fokus pada pelanggan, perbaikan yang berkelanjutan (Continous Improvement), keterlibatan dari karyawan, pendekatan berbasis proses (Process approach), pengambilan keputusan berdasarkan fakta mempunyai pengaruh signifikan terhadap peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan, kepuasan stakeholder, efisiensi operasional dan kualitas komunikasi dengan profesional medis. Prinsip TQM ini juga membantu perusahaan farmasi dalam menghadapi persaingan yang kompetitif seperti regulasi yang ketat dan kebutuhan pasar yang selalu berubah. Dengan mengimplementasikan prinsip TQM secara tepat akan meningkatkan efektivitas pemasaran farmasi di Indonesia.

References

Algarni, M. A., & Alemeri, M. (2023). The Role of Employee Engagement, Job Satisfaction and Organizational Commitment on Happiness at Work at a Saudi Organization. International Journal of Business and Management, 18(2), 27. https://doi.org/10.5539/ijbm.v18n2p27

Alkhaffaf, M., Masa’deh, R., Almajali, D., & Thurasamy, R. (2024). The impact of total quality management on the relationship with suppliers and customers: the case of pharmaceutical Jordanian companies. Uncertain Supply Chain Management, 12(4), 2331–2336. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2024.5.034

Alzawahrah, H., & Alkhaffaf, M. (2021). the Impact of Strategic Leadership on Organisational Ambidexterity At the King Abdullah Ii Design and Development Bureau (Kaddb). International Journal of Engineering Science Technologies, 5(3), 20–38. https://doi.org/10.29121/ijoest.v5.i3.2021.193

Fatma, L., Zouari, A., Ghorbel, A., & Tollenaere, M. (2018). Les facteurs clés du TQM impactant la performance de la SC. Le 1er Colloque International Sur l’e-Supply Chain, April, 13.

Glesk, M. M. (1996). Total quality management. Flexo, 21(1), 31. https://doi.org/10.1097/00004010-199523000-00003

Goharshenasan, A., & Shahin, A. (2017). Prioritisation of quality management principles based on critical success factors of TQM using integrated approach of MCDM and IPA - The case of Marjan Tile Company. International Journal of Productivity and Quality Management, 21(1), 112–128. https://doi.org/10.1504/IJPQM.2017.083285

Hamsal, & Eva Sundari. (2022). Strategi Pemasaran Usaha Produk Farmasi Masa Strategi Pandemi Covid 19 Di PT. Ferron Par Pharmaceutical (Studi Kasus Peningkatan Volume Penjualan Produk Farmasi). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 46–54. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9453

Haryanti, R., Wulansari, M., Dini Rachmadanti, A., Diotama, F., Paramarta, V., Sangga Buana Bandung YPKP Jl Surapati No, U., Bandung, K., & Barat, J. (2024). Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Dalam Pelayanan Rumah Sakit (Studi Literature). OBAT: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 2(2).

Hutasoit, M., Siregar, L. F., Hidayat, M. F., & Syahrulli, M. D. (2024). JURNAL LOCUS : Penelitian & Pengabdian Optimalisasi Strategi Penjualan Melalui Penerapan Total Quality Management pada UMKM Eito Japanese Curry. 3(6), 453–461. https://doi.org/10.58344/locus.v3i6.2683

Kumar, V., & Sharma, R. R. K. (2017). An empirical investigation of critical success factors influencing the successful TQM implementation for firms with different strategic orientation. International Journal of Quality and Reliability Management, 34(9), 1530–1550. https://doi.org/10.1108/IJQRM-09-2016-0157

Latuconsina, Z., & Tupamahu, W. A. (2020). Pengaruh Fokus Pada Pelanggan, Keterlibatan Total, Perbaikan Berkesinambungan Terhadap Kepuasan Konsumen Hasjrat Abadi Ambon. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 24–36. https://doi.org/10.30598/manis.3.2.24-36

Lehyani, F., Zouari, A., Ghorbel, A., Tollenaere, M., & Sá, J. C. (2023). Knowledge Management and Total Quality Management Impact on Employee Effectiveness in Emerging Industries: Case of Tunisian Small and Medium Enterprises. Sustainability (Switzerland), 15(5), 1–18. https://doi.org/10.3390/su15053872

Maknun, A. I. L., Asmedi, N. M., & Safuan, S. (2024). Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Syntax Admiration, 5(8), 3209–3218. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i8.1507

Mohammed, M., Ahmed, E., & R.N, A. (2017). The effect of TQM intention to implement on work performance in Oman’s Ministry of Justice. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 13. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-04-2016-0020

Nurhayati, N. P. S., Berlia, G. M., Sasongko, F. F., & Valentine, E. (2023). Pemasaran Obat Dalam Usaha Farmasi: Persoalan Profesionalisme dan Etika Bisnis. Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.11111/dassollen.xxxxxxx

Nuur Rasyidah, A., Bariroh, A., & Emi Rahmawati, D. (2022). Analisis Total Quality Management (Tqm) Dalam Meningkatkan Mutu Manufaktur Dan Jasa Pada Pt. Dahana (Persero) Subang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2917–2926. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.475

Nwokah, N. G. (2009). Customer-focus, competitor-focus and marketing performance. Measuring Business Excellence, 13, 20–28. https://doi.org/10.1108/13683040910984293

Putri, N. T., Yusof, S. M., Hasan, A., & Darma, H. S. (2017). A structural equation model for evaluating the relationship between total quality management and employees’ productivity. International Journal of Quality and Reliability Management, 34(8), 1138–1151. https://doi.org/10.1108/IJQRM-10-2014-0161

Sanjaya, I. N. P., & Purnawatii, N. K. (2023). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan CV Sari Yoga Katering. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 12(4), 370.

Susilowati, E., & Norizal, T. (n.d.). Keputusan Berdasarkan Fakta dalam Proses Manajemen Mutu Sekolah. 5(3), 4041–4049.

Usrof, H. J. H., & Elmorsey, R. M. (2016). Relationship between HRM and TQM and its Influence on Organizational Sustainability. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 6(2), 21–33. https://doi.org/10.6007/ijarafms/v6-i2/2036

Downloads

Published

2025-01-25