Strategi Pengembangan Industri Rumah Batik Setu Melalui Analisis Swot
Keywords:
Manajemen Strategi, Industri Tekstil, Batik, Analisis SWOTAbstract
Rumah Batik Setu merupakan industri kreatif yang berada di Kota Tangerang Selatan dan telah berdiri sejak tahun 2017. Perkembangan industri tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada di lingkungan mereka. untuk meningkatkan perkembangan dan daya saing maka perlu adanya strategi pengembangan yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis SWOT yang ada pada industri tekstil Rumah Batik Setu di Kota Tangerang Selatan, serta merumuskan strategi pengembangan yang efektif melalui analisis SWOT yang telah didapatkan melalui proses analisis. Metode penelitian menggunakan kualitatif studi kasus yaitu pada Industri Rumah Batik Setu. Pengumpulan data menggunakan observasi, survei, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri Rumah Batik Setu berada pada kategori Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara). Kemudian Kuadran Analisis SWOT Rumah Batik Setu menunjukkan posisinya berada pada posisi ekspansif atau dalam kategori yang baik, sehingga mendukung strategi ofensif.
References
Al Hazmi, F., & Ahyari, F. (2022). Pengembangan Organisasi Berbasis Kemaritiman Melalui Bidang Seni Rupa (Studi Kasus Rintara Jaya). Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa dan Budaya Visual, 2(2), 72-80.
Amir, M. Taufiq. 2012. Manajemen Strategik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Azhar, H. (2024). Pemetaan Industri Kreatif di Kawasan Pertambangan Emas Ratatotok, Minahasa Tenggara. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 7(1), 90-96.
Chahyani, D. P. (2022). Strategi Pengembangan Desa Wisata Budaya Pampang di Samarinda Kalimantan Timur. Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), 122-135.
Dani, Iwan Setiadi. 2019. Perkembangan Studi Tata Kelola Seni dan Risetnya di Arus Global dan Lokal. Jurnal Tata Kelola Seni, Volume 5, No. 2.
Dasuki, R. E. (2021). Manajemen strategi: Kajian teori resource based view. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 (3), 447-454.
David, Fred R. & Forest R. David. 2017. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. England: Pearson Education.
Solihin, S. A., Nugrahyani, D. & Fadhillah, M. H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran pada Kerta Cafe dalam Upaya Memulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol.13 No.2
Heriyanti, Nooraida. 2017. Strategi Pengembangan Komunitas “Dazzle Voices” terhadap Minat Penonton dalam Konser Opera. Jurnal Tata Kelola Seni, Volume 3, No. 2.
Iskandar, Arnia Hartipa. 2021. Strategi Pengelolaan Sanggar Gong Sitimang dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga: Jurnal Seni Rupa. Vol. 10, No. 2
Laksana, H. A. D., & Al Hazmi, F. (2022). Strategi Pengembangan Organisasi Pertunjukan Musik Klasik Jakarta City Philharmonic (JCP) Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Tata Kelola Seni, 8(2), 105-121.
Muharam, H., Susilawati, W., & Sarofah, S. (2023). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Pada Pasar Guntur Ciawitali Garut. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(1), 85-94.
Permas, Achsan dkk. 2003. Manajemen Organisasi Seni Pertunjukan. Jakarta: Penerbit PPM
Rachmat. 2014. Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia.
Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.
Sabariah, Etika. 2017. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyanto., Pratama, M. A., & Wahyuningsih, E. (2021). Formulasi strategi menggunakan bisnis model canvas: Studi kasus pada bisnis distro di Jalan Padjajaran Bandung Jawa Barat. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 87-94.