Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Brand image, dan Online customer review terhadap Keputusan Pembelian Shopee Food

Authors

  • Devandra Radya Putra Hartono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anita Akhiruddin Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i7.5000

Keywords:

Kemudahan Penggunaan, Citra Merek, Ulasan Pelanggan Online, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini mengkaji tiga hal peting yakni pertama berupa pengaruh kemudahan penggunaan, kedua berupa brand image, dan ketiga berupa online customer reviews dihadapkan dengan keputusan pembelian yang adanya di Shopee Food. Tujuan dari cakupan penelitian ini ialah untuk melakukan pengidentifikasian beragam faktor dengan cara yang signifikan memengaruhi perilaku pembelian konsumen, khususnya dalam konteks layanan pesan-antar makanan online. Mempergunakan pendekatan kuantitatif, data dilakukan pengumpulan dengan melalui kuesioner daring yang ditujukan pada pengguna Shopee Food di Gresik. Analisis statistik, termasuk uji-t dan model regresi, digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari cakupan penelitian memberi suatu petunjuk brand image dan online customer reviews memberi suatu pengaruh yang nilainya signifikan dihadapkan dengan keputusan dari pembelian, sedangkan kemudahan penggunaan, meskipun berkorelasi positif, tidak memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menekankan pentingnya persepsi merek dan umpan balik pelanggan dalam mendorong keterlibatan konsumen, yang memberi suatu petunjuk bahwa peningkatan pada beragam aspek tersebut bisa memberi peningkatan pada akuisisi dan retensi pelanggan untuk layanan pesan-antar makanan online.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. Free Press.

Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Online customer review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan TikTok Shop di Surabaya). Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1).

Astuti, N., Widhyadanta, I., & Sari, R. J. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness Lazada terhadap keputusan pembelian online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(1), 897.

Aulia, V. D., Sulastri, S., & Maulana, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Jasa Shopeefood di Kota Palembang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 133–146.

Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The effect of word of mouth on sales: Online book reviews. Journal of Marketing Research, 43(3), 345–354.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online customer review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22.

Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107–123.

Jogiyanto, H. M. (2007). Model kesuksesan sistem teknologi informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

katadata.co.id. (2024 januari 29). (n.d.). Diambil kembali dari Transaksi ShopeeFood dan GrabFood Naik, GoFood Turun: https://katadata.co.id/digital/startup/65b76fd85c590.

Lita, A. M. N., & Auliya, Z. F. (2019). Pengaruh Review Online, Kepercayaan Pada Web, Keamanan Bertransaksi Online, dan Privasi Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Online Lazada. EBBANK, 10(1), 17–28.

Manik, A. (2018). Keputusan Pembelian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 123–135.

Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of easiness, service quality, price, trust of quality of information, and brand image of consumer purchase decision on shopee online purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100–110.

Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2024-12-30