Pengaruh dari Instagram Marketing activities terhadap Brand love pada Industri Kopi Nako di Indonesia

Authors

  • Muhammad Nabil Aqilla Universitas Trisakti Jakarta
  • Muhammad Raihan Lubis Universitas Trisakti Jakarta
  • Fatik Rahayu Universitas Trisakti Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i7.4998

Keywords:

aktivitas pemasaran instagram, ekuitas merek berbasis pelanggan, kecintaan merek, industri kopi

Abstract

Instagram digunakan sebagai saluran pemasaran yang efektif dan visual untuk membangun brand equity di benak konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan aktivitas pemasaran Instagram dan menganalisis pengaruhnya terhadap pembentukan brand equity berbasis pelanggan (brand awareness, brand image, perceived quality, dan brand love) melalui aktivitas pemasaran Instagram. Untuk tujuan ini, data dikumpulkan dari 45 konsumen kopi yang pernah mengunjungi salah satu dari lima akun Instagram merek kopi yang digunakan dalam penelitian ini dan dianalisis menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat subdimensi (interaction, entertainment, customization, dan trendiness) aktivitas pemasaran Instagram mempengaruhi brand equity (brand awareness, brand image, dan, perceived quality), yang pada gilirannya mengarah pada loyalitas sikap (brand love). Penelitian ini menggambarkan secara komprehensif pengaruh aktivitas pemasaran Instagram terhadap ekuitas merek berbasis pelanggan. Temuan penelitian ini akan memungkinkan merek kopi untuk memperkirakan secara lebih akurat perilaku pembelian pelanggan mereka di masa depan melalui aktivitas pemasaran Instagram dan juga memberikan panduan untuk mengelola brand equity.

Downloads

Published

2024-12-30