Analisis Efektivitas Metode Pemasaran Secara Live Streaming terhadap Peningkatan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i7.4953Keywords:
Live Streaming, Digital Marketing, Peningkatan PenjualanAbstract
Kemajuan teknologi telah membawa inovasi dalam pemasaran, salah satunya melalui metode live streaming. Interaksi real-time ini memungkinkan penjual dan konsumen untuk berkomunikasi langsung, menciptakan pengalaman belanja yang lebih personal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Efektivitas dari cara marketing secara “Live Streaming” terhadap peningkatan penjualan di market place. Dengan “Live Streaming” menawarkan interaksi langsung (real-time) antara penjual dengan penonton yang disebut juga sebagai calon pembeli, membantu membangun kekuatan emotional dengan melebarkan pencapaian penjualan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis literatur dari artikel terkini yang relevan pada tahun 2023-2024. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dengan fokus pada faktor-faktor seperti kreativitas konten, konsistensi jadwal, dan komunikasi interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa “Live Streaming” yang di lakukan secara real-time atau langsung secara signifikan dapat meningkatkan penjualan yang menjadikannya sebagai alat yang penting untuk strategi pemasaran di era digital saat ini. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa live streaming adalah alat strategis yang efektif dalam digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha dalam mengelola konten, meningkatkan kapasitas tim pemasaran, dan memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan hasil pemasaran