Strategi Pengembangan UMKM Bidang Kuliner Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.59188/covalue.v15i5.4802Keywords:
Ekonomi Pembangunan, Kuliner, SWOT, UMKMAbstract
Penelitian ini mengidentifikasi strategi pengembangan yang dapat diterapkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo. Dalam upaya mengembangkan UMKM kuliner ekonomi kreatif di kota tersebut, berbagai aspek penting perlu diperhatikan baik oleh pemerintah lokal maupun para pelaku usaha. Penelitian ini fokus pada gambaran umum UMKM kuliner ekonomi kreatif di Kota Palopo, strategi pengembangan yang efektif untuk sektor ini, serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan UMKM kuliner berbasis ekonomi kreatif tersebut, menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa UMKM bidang kuliner berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo belum sepenuhnya memberikan tingkatan atau predikat khusus bagi Kota Palopo sebab masih terdapat hambatan dan tantangan yang masih dialami oleh para pelaku ush aitu sendiri. Analisis strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif dalam bidang kuliner dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa letak dari UMKM ekonomi kreatif bidang kuliner di Kota Palopo berada pada strategi agresif. Adapun makna dari strategi agresif itu sendiri yang berarti perusahaan berada dalam situasi yang sangat baik, dimana kekuatan internalnya memungkinkan mereka untuk memanfaatkan peluang eksternal dengan maksimal.
References
Amsari, S., Sy, S. E., & Windu Anggara, M. E. (2023). Ekonomi Kreatif. Umsu Press.
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industri kreatif di kota malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 120–142. https://doi.org/10.22219/jie.v1i1.6072
Bakhri, S. (2020). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil Menengah). CV. K-Media.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033
Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225
Mayana, R. F., & Santika, T. (2020). Perlindungan Desain Industri Transformasi Konsep Ekonomi Kreatif Menuju Industri Kreatif Nasional Berbasis Desain. Bandung: PT. Alumni.
Pauli. (2021). Human Capital Management. PT KANISIUS.
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Selianti, S. (2022). Peran Dinas Koperasi Dan Ukm Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Palopo Selama Masa Pandemi Covid-19. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Tadjuddin, T., & Mayasari, N. (2019). Strategi pengembangan umkm berbasis ekonomi kreatif di kota palopo. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 2(1). https://doi.org/10.24256/dinamis.v2i1.1004
Tohari, M. A. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner di Kota Bandar Lampung. Jurnal Az Zahra: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 261–270.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Azizah Fauziah, Diah Retno Dwi Hastuti, Syamsu Alam, Citra Ayni Kamaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.