Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Shopeefood di Surabaya Selatan

Authors

  • Salma Aulia Rahardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ibmt
  • Iswati Iswati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ibmt
  • Anis Fitriyasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ibmt

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4551

Keywords:

harga, promosi, kualitas layanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Shopeefood di Surabaya Selatan”. Era golabalisasi yang berkembang pesat telah menumbuhkan berbagai innovasi baru, terutama dalam layanan pesan antar makanan secara daring atau dikenal sebagai online food delivery (OFD). Shopeefood yang muncul pada pertengahan pandemi COVID-19 telah mengalami pekembangan pesat semenjak kemunculannya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi harga, promosi dan kualitas layanan berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesiner sebagai alat pengumpulan data dimana ini melibatkan pengguna aplikasi Shopeefood Penelitian ini dirancang untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut berinteraksi dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap aplikasi shopeefood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi untuk harga adalah 0.188 dan kualitas layanan 0.625, keduanya signifikan dengan p < 0.05. Namun, promosi memiliki koefisien regresi -0.015 dengan signifikansi 0.863, menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan diharapkan dapat memberikan wawasan yang baik mengenai kepuasan konsumen dalam menggunakan aplikasi layanan pesan antar makanan daring dan memberikan sebuah kontribusi akademik dalam bidang layanan dan pemasaran.

Downloads

Published

2024-07-30