Implementasi Strategi Pemasaran Hijau dan Dampaknya terhadap Citra Merek dan Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Heri Saputra Universitas Bakrie
  • Muchsin Shihab Saggaff Universitas Bakrie

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4511

Keywords:

Pemasaran Hijau, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Implementasi strategi pemasaran hijau menjadi semakin penting di era modern ini di mana kesadaran akan lingkungan semakin meningkat di kalangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk meneiliti penerapan strategi pemasaran hijau serta dampaknya terhadap citra merek dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data mencakup studi literatur dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan X telah menerapkan strategi pemasaran hijau dalam berbagai aspek bisnis, seperti pengembangan produk ramah lingkungan, proses produksi berkelanjutan, dan program promosi yang ramah lingkungan. Selain itu, ditemukan bahwa strategi pemasaran hijau memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan loyalitas pelanggan perusahaan X. Perusahaan perlu terus meningkatkan penerapan strategi pemasaran hijau untuk meningkatkan citra merek dan loyalitas pelanggan.

Downloads

Published

2024-07-25