Implementasi Strategi Digitalisasi di Sekolah X

Authors

  • Lukas Rafael Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.59188/covalue.v15i2.4456

Keywords:

Strategi Bisnis, Digitalisasi, Media Sosial

Abstract

Pandemi COVID-19 khususnya di Indonesia secara tidak langsung mengubah tatanan sistem yang ada. Perubahan dilihat dari operasional sistem konvensional menjadi sistem digital. Perubahan sistem yang terjadi memberikan dampak yang buruk kepada jalannya organisasi. Sekolah X merupakan salah satu sekolah yang terdampak. Sekolah X merupakan sekolah swasta katolik yang berdiri sejak tahun 2006 dapat mengimplementasikan sistem pembelajaran dari sistem konvensional tatap muka menjadi sistem digital dalam waktu yang singkat. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif analitis dan kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Tahap analisis data yang dipakai dilihat dari aspek eksternal dan internal. Pada aspek eksternal menggunakan alat analisis Five Forces Framework, sedangkan pada aspek internal memakai alat analisis Empat Fungsi Bisnis. Adaptasi terhadap sistem digital yang dilakukan dilakukan dengan menciptakan aplikasi yang memiliki dua penerima manfaat, orang tua atau wali dan murid. Aplikasi untuk murid diharapkan memudahkan penyebaran mater pembelajaran harian dan agenda, sedangkan aplikasi untuk orang tua/wali dinamakan parent portal yang berguna untuk memantau nilai anak, surat edaran, dan jadwal sekolah yang mencakup tugas-tugas harian dan ulangan. Selain aplikasi yang dikembangkan oleh Sekolah X, strategi digitalisasi dapat dilihat dalam PPDB dan media pemasaran yang digunakan seperiti website, Instagram, dan Youtube. Media pemasaran terbagi kepada masing-masing unit dari mulai dari jenjang PG-TK sampai SMA.

Downloads

Published

2024-07-14